Rabu, 02 Maret 2016

MACAM MACAM MASALAH

Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita selalu dihadapkan dengan masalah. Entah itu masalah berat maupun masalah ringan, berbagai cara dilakukan untuk meminimalisir masalah-masalah yang terjadi. Agar kita terhindar dari sesuatu yang tidak kita inginkan dan dapat menjalankan aktivitas dengan lancar.
Namun ada beberapa masalah utama yang selalu muncul dalam hidup setiap orang. Beberapa saat yang lalu, ketika saya mengikuti salah satu mata kuliah wajib di kampus, saya mendapatkan suatu penjelasan tentang masalah-masalah yang pasti dialami dalam kehidupan manusia oleh salah satu dosen.
Saya setuju dengan beliau bahwa memang manusia memiliki masalah yang bersifat mutlak. Yang saya maksud dari sifat mutlak ini adalah sesuatu yang tidak dapat disangkal lagi. Permasalahan tersebut antara lain;
  • Uang
Jelas sekali, uang merupakan suatu masalah yang selalu kita hadapi bahkan setiap detiknya. Contohnya; kondisi keuangan pribadi yang bersifat individual dan kemiskinan yang bersifat umum. Apalagi kita merupakan warga Indonesia, dimana ada peraturan yang memberlakukan pemungutan biaya (saya lupa namanya apa) atas kelahiran tiap bayi yang lahir di Indonesia. Terkesan nyeleneh, tetapi ini membuktikan bahwa dari lahir pun manusia sudah berurusan dengan uang. Bahkan, saya pernah mendengar sebuah anekdot “Di Indonesia ini, bayi belum lahir tuh belum punya dosa tapi sudah punya utang..”. Bahkan ketika mati pun, manusia masih berurusan dengan uang. Kita tahu bahwa biaya pengurusan jenazah tidaklah murah. Saya beranggapan bahwa dari bangun pagi hingga kembali tidur di malam hari pun manusia pasti berurusan dengan uang. Misalnya, dari hal paling mendasar saja seperti untuk makan pun kita membutuhkan uang. Selama manusia bisa beraktivitas, pasti selalu berurusan dengan uang dan kita bekerja mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup tentunya tidak jauh dengan persoalan uang.
  • Hubungan
Masalah berikutnya yaitu hubungan. Setiap orang akan selalu mendapati masalah dengan hubungan antar orang. Entah itu dengan pasangan (mungkin ini yang paling sering terjadi), dengan keluarga, dengan teman, dengan guru atau dosen, dengan senior, dengan rekan kerja, dan sebagainya. Karena kita sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa setiap hubungan pastinya tidak akan selalu berjalan dengan mulus, untuk itulah setiap manusia pasti akan selalu mempunyai masalah yang berkaitan dengan hubungan.
  • Waktu
Bayangkan suatu keadaan ketika kita harus menghadiri dua atau lebih kegiatan di tempat yang berbeda dalam waktu yang sama. Keadaan seperti itu tentunya merupakan sesuatu yang sangat menjengkelkan dan ketidakmungkinan seseorang untuk dapat hadir di tempat berbeda secara bersamaan menjadi suatu masalah yang rumit. Kita juga sering mendengar istilah ‘ngaret’, betul? Dimana seharusnya waktu yang teratur menjadi tidak teratur karena banyak faktor yang menyebabkan jadwal karet. Ini juga merupakan persoalan yang berkaitan dengan waktu. Dan tentunya kita warga Indonesia—terutama yang tinggal di ibukota—pasti sering mengalami kemacetan lalu lintas yang menyebabkan banyak hal seperti keterlambatan, hukuman, dan sebagainya. Macet juga merupakan salah satu problema lazim yang juga berkaitan dengan waktu. Oleh karena itu, kita akan selalu berurusan dengan waktu dan akan selalu bermasalah dengan waktu sampai kapanpun.
  • Fisik
Semua orang pasti punya kendalanya masing-masing dalam hal fisik,  seperti kecapekan. Pasti setiap orang akan selalu merasa capek apabila sudah melakukan banyak kegiatan, tetapi tergantung kadar kecapekan masing-masing. Selain itu, orang yang memiliki keterbatasan fisik pun juga akan bermasalah dengan fisiknya. Sakit juga merupakan masalah yang menyangkut fisik kita, dan sesehat-sehatnya seseorang tentu akan mengalami sakit. 
  • Emosi
Nah, yang satu ini sudah pasti merupakan masalah yang paling bisa disebut sebagai masalah paling manusiawi, karena setiap manusia pasti memiliki emosi. Manusia pasti akan dihadapi dengan banyak kejadian yang akan membuatnya kesal, sedih, senang, dan sebagainya. Emosi dapat mencerminkan  kepribadian seseorang apabila dia sedang dilanda masalah. 
Setiap orang memiliki interpretasi sendiri dari masalah mereka masing-masing. Kita mengetahui bahwa masalah akan selalu muncul di kehidupan, namun, yang terpenting adalah bagaimana cara kita mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar