Rabu, 02 Maret 2016

CARA MENANGANI MASALAH

Apakah Anda merasa dikelilingi oleh banyak masalah dan menjadi seorang jagoan dengan peran sebagai tokoh yang jahat? Mungkin Anda hanya mempunyai satu masalah besar saja tetapi Anda tidak tahu bagaimana cara menyelesaikannya. Apakah Anda sedang bertengkar dengan orang yang Anda cintai atau Anda merasa terancam akan kehilangan pekerjaan Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan masalah-masalah Anda.

Metode 1 dari 3: Menangani Konflik Pribadi

  1. Gambar berjudul Handle Problems Step 1
    1
    Hindarilah perilaku yang bisa membuat masalah semakin parah. Jika Anda mempunyai masalah dengan seseorang, mungkin dengan orang yang Anda cintai atau teman biasa, kadang-kadang mudah saja terjadi sesuatu yang membuat masalah semakin parah sebelum Anda mempunyai kesempatan untuk memperbaiki keadaan.
    • Contohnya, jika Anda sedang bertengkar dengan pacar Anda sebab dia berpikir Anda berbohong kepadanya (namun Anda tidak berbohong), jangan membuat masalah ini semakin parah dengan menghabiskan waktu berkumpul dengan gadis-gadis yang lain. Cara ini hanya akan membuat Anda terlihat lebih buruk dan akan sulit pada saat berdebat dengan pacar Anda dari sisi moral. Sebaiknya Anda tidak berkumpul dengan orang-orang sampai Anda menyelesaikan masalah ini dengan pacar Anda.
    • Contoh lain dari masalah dengan seorang teman misalnya jika teman baik Anda marah kepada Anda karena Anda tidak datang ke pestanya dengan tujuan ingin bertemu dengan orang lain. Dalam situasi ini, Anda harus berusaha agar tidak bersikap menghindar atau tidak peduli pada perasaan mereka. Sebaiknya Anda berusaha melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk mereka.
  2. Gambar berjudul Handle Problems Step 2
    2
    Ketahuilah dengan jelas apa masalahnya. Sebelum mulai berdebat dengan seseorang dan menemukan solusi atas masalah yang Anda berdua hadapi, pastikan Anda mengerti dulu apa sebetulnya yang membuat mereka terusik. Kadang-kadang seseorang sepertinya marah karena suatu hal tetapi sebenarnya mereka marah karena ada hal yang lain. Jika Anda sungguh-sungguh ingin menyelesaikan masalah, sebaiknya Anda memastikan dulu bahwa Anda sedang mengatasi masalah yang sebenarnya.
    • Contohnya, pacar Anda mungkin mengatakan bahwa dia marah karena Anda memutuskan untuk pindah ke kampus yang lebih besar di kota lain dan tidak mau melanjutkan di kampus setempat bersamanya. Tentu saja Anda berdua masih bisa saling bertemu setiap saat dan berkencan tanpa masalah yang serius: apa yang sebenarnya pacar Anda khawatirkan adalah jika Anda mempunyai waktu bebas di saat Anda sedang sendirian, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang.
  3. Gambar berjudul Handle Problems Step 3
    3
    Berusahalah melihat dari sudut pandang orang lain. Pada saat Anda sedang bertengkar dengan seseorang, biasanya Anda merasa Andalah yang benar atau cara Andalah yang terbaik dalam melakukan sesuatu. Pada akhirnya Anda hanya berpegang pada pikiran Anda sendiri. Namun, orang-orang biasanya berdebat dengan Anda tidak hanya karena ingin menentang. Mereka akan melakukan yang terbaik yang mereka bisa dengan apa yang mereka ketahui dan situasinya akan terlihat sangat berbeda dari sudut pandang mereka. Cobalah melihat dari sisi mereka agar Anda bisa mendapatkan titik temunya di tengah-tengah.
    • Kadang-kadang, jika Anda merasa sulit untuk mengerti pandangan mereka, akan sangat membantu jika Anda bertanya kepada mereka. Mintalah mereka memberikan penjelasan, secara rinci, mengapa mereka berpendapat akan lebih baik jika memilih rute yang lain. Anda bisa mengatakan: “Bisa tolong jelaskan kepada saya apa pemikiran Anda? Saya benar-benar ingin mengetahuinya dengan lebih baik.” Dengan mengetahui perasaan dan proses berpikir mereka, Anda seringkali bisa mendapatkan pengertian yang lebih baik atas masalahnya dan cara untuk menyelesaikannya.[1]
  4. Gambar berjudul Handle Problems Step 4
    4
    Pastikan bahwa mereka merasa dihargai dan memegang kendali. Pada saat orang-orang merasa tidak dihargai dan dipojokkan, mereka akan menjadi lebih suka berdebat dan menyerang, bahkan jika mereka biasanya akan setuju dengan Anda. Jika Anda melihat situasinya membaik, cobalah mengambil langkah-langkah yang bisa membuat mereka merasa bahwa merekalah yang lebih memegang kendali dan dihargai. Anda akan melihat bahwa mereka tiba-tiba mau bicara.
    • Contohnya, Anda perlu menyusun ulang kalimat Anda. Jangan merendahkan mereka atau menggunakan kalimat yang menuduh seperti "Anda seharusnya ______".
    • Buatlah agar mereka merasa memegang kendali dengan memberikan pilihan atau kebebasan, dan cara ini akan membuat mereka merasa sudah mendapatkan solusi yang adil atas masalah yang sedang dihadapi.
  5. Gambar berjudul Handle Problems Step 5
    5
    Ajaklah bicara. Setelah Anda melakukan langkah-langkah awal tadi sebagai dasar untuk memecahkan masalah, Anda harus mulai membahas solusinya. Kuncinya adalah dengan melakukan komunikasi, dan sebuah komunikasi lebih dari sekedar mengatakan kepada mereka apa yang Anda pikirkan. Anda harus berpikir sebelum Anda bicara, berhati-hatilah dalam mempertimbangkan apa yang selanjutnya ingin Anda katakan. Anda juga harus bisa menjadi seorang pendengar yang baik, perhatikan baik-baik apa yang mereka katakan dan berusahalah memahami mereka.
    • Dalam pembicaraan serius yang terkait dengan pemecahan masalah ini, biasanya Anda harus menyediakan cukup banyak waktu dan ajaklah bertemu di suatu tempat yang tenang dimana Anda bisa melakukan percakapan secara pribadi.
    • Dengan mengajak bicara, Anda menunjukkan bahwa Anda menempatkan niat Anda untuk memperbaiki keadaan sebagai prioritas, yang bisa membantu Anda dan membuat mereka bersedia mencari solusi.
  6. Gambar berjudul Handle Problems Step 6
    6
    Temukan jalan tengah. Solusi atas konflik yang lebih terkait dengan hubungan antar pribadi biasanya bisa ditemukan dengan mencari jalan tengah. Ini artinya Anda tidak bisa lagi melihat segala sesuatunya atas dasar benar atau salah. Jangan menggunakan istilah "cara saya" dan "cara Anda". Anda berdua adalah orang-orang baik dan mempunyai begitu banyak yang bisa Anda tawarkan satu sama lain, jadi bicarakanlah dan gunakan istilah "cara kita."[2]
    • Contohnya, jika pacar Anda merasa kecewa karena Anda tidak setuju akan berkumpul dengan keluarga siapa pada hari Natal, Anda bisa mengajukan pilihan ketiga: satu minggu sebelum Natal, Anda berdua berkumpul dengan keluarga pacar Anda, satu minggu setelahnya Anda berdua berkumpul dengan keluarga Anda, dan pada hari Natal, Anda berdua menghabiskan waktu hanya berdua saja.
    • Contoh lainnya, jika teman Anda kecewa karena ingin mengambil kelas yang sama dengan Anda tetapi Anda memilih kelas yang lain, Anda bisa mengusulkan agar Anda berdua tetap mengambil kelas yang berbeda tetapi Anda mengatur waktu belajar sehingga Anda berdua bisa belajar bersama di perpustakaan.

Metode 2 dari 3: Menangani Masalah yang Tidak Terkait dengan Orang-Orang

  1. Gambar berjudul Handle Problems Step 7
    1
    Tetap tenang. Agar Anda bisa mengatasi masalah-masalah seputar situasi yang rumit dan penuh dengan tekanan seperti pemecatan, kehilangan apartemen, atau kendaraan Anda mogok, paling baik jika Anda memulainya dengan berusaha untuk tetap tenang. Jangan panik atau membiarkan diri Anda merasa seolah-olah dunia sudah kiamat. Sampai sejauh ini, Anda sudah berhasil melewati setiap masalah dalam kehidupan Anda dan matahari tetap saja terbit; kami yakin 100% Anda pasti bisa menyelesaikan masalah ini juga.
    • Jika Anda merasa kesulitan untuk menenangkan diri, sebaiknya Anda memusatkan perhatian pada napas Anda. Tarik dan buang napas perlahan-lahan sampai Anda merasa lebih tenang dan siap melakukan apa yang harus Anda lakukan.
  2. Gambar berjudul Handle Problems Step 8
    2
    Dapatkan informasi sebanyak mungkin yang Anda bisa. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang situasi yang sedang Anda hadapi dan pilihan-pilihan yang tersedia bagi Anda, kemampuan Anda akan semakin baik dalam menghadapi masalah apapun. Anda bisa mencari informasi ini melalui Google, bicaralah dengan orang-orang yang pernah menghadapi masalah yang sama, dan pertimbangkan baik-baik tentang rencana C dan jangan terkurung terus dalam rencana A dan B.
    • Contohnya, kita umpakan Anda baru saja kehilangan pekerjaan. Daripada Anda panik memikirkan apa yang sekarang ini harus Anda lakukan, pergilah ke kantor penempatan tenaga kerja setempat. Anda bisa menemui para konselor yang akan membantu mempersiapkan berkas Anda dan mencarikan peluang agar Anda bisa secepatnya mendapatkan pekerjaan lagi (seperti menyusun biodata).
  3. Gambar berjudul Handle Problems Step 9
    3
    Lakukan evaluasi sumber daya apa saja yang Anda miliki. Setiap orang memiliki sumber daya yang tersedia bagi mereka pada saat mengalami krisis. Kadang-kadang sumber daya ini berbentuk uang atau waktu. Kadang-kadang sumber ini datang dalam bentuk teman atau keluarga yang sungguh-sungguh mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Namun adakalanya sumber yang tersedia ini sulit untuk Anda temukan. Bahkan kemampuan pribadi Anda (seperti kecerdasan dan tekad) bisa menjadi dukungan yang sangat besar bagi Anda dalam menyelesaikan masalah ini.
    • Contohnya, jika Anda tahu bahwa Anda mempunyai keahlian yang baik dalam hubungan antar pribadi, maka Anda bisa menggunakan keahlian ini untuk memecahkan masalah Anda. Seandainya saat ini belum ada cara yang jelas yang bisa Anda gunakan, tidak berarti bahwa kesempatannya tidak akan datang.
  4. Gambar berjudul Handle Problems Step 10
    4
    Buatlah peta tentang apa yang akan terjadi. Setelah Anda bisa mendapatkan informasi sebanyak mungkin dan mengetahui sumber daya apa saja yang tersedia bagi Anda untuk mewujudkannya, buatlah rencana kerja. Ada sebuah alasan mengapa para tentara biasanya menyusun strategi perang: susunlah rencana, bahkan jika hanya rencana yang paling sederhana, masih lebih baik daripada terus berdebat dan mengharapkan yang terbaik. Buatlah sebuah daftar tentang hal-hal yang akan terjadi dan kapan. Anda akan bisa langsung melihat bahwa cara ini ternyata lebih mudah dilakukan daripada apa yang pernah Anda pikirkan.
    • Bagilah solusinya ke dalam sederetan tujuan, lalu bagi lagi tujuan ini ke dalam sederetan kegiatan. Tentukan kapan Anda ingin melakukan setiap kegiatan dan dalam kondisi apa Anda bisa memperoleh cukup banyak bantuan dan sebelum Anda mengetahuinya, Anda akan sudah siap dengan rencana yang hebat.
    • Meskipun hanya sekedar mempunyai rencana dan berusaha mencapai tujuan Anda, cara ini seringkali membuat keadaan menjadi lebih mudah sebab ini akan membuat para "penjaga gawang" Anda akan lebih bersedia memberikan Anda kemudahan dan waktu untuk menyelesaikan masalah Anda. Orang-orang ini, seperti guru, atasan dan para kreditur, akan merasa lebih mudah memaafkan jika Anda mempunyai rencana yang bisa membuktikan bahwa Anda memang bersungguh-sungguh.
  5. Gambar berjudul Handle Problems Step 11
    5
    Siap bertindak. Sekarang, setelah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan, lakukanlah! Tidak ada waktu seperti saat ini, kata mereka. Semakin cepat Anda mulai mengatasi masalah, akan semakin mudah masalahnya diatasi. Mengatasi masalah memang cukup menakutkan sebab sulit mengetahui apa yang akan terjadi, tetapi Anda harus merasa yakin bahwa semuanya akan berjalan baik pada akhirnya.
    • Bayangkan hidup Anda seperti sebuah bioskop. Pertunjukannya tidak akan berhenti hanya karena tokoh jahatnya mulai membuat masalah. Ceritanya tidak akan berjalan seperti yang Anda inginkan tetapi akan ada penyelesaian pada akhirnya. Dan hidup Anda sama sekali bukan cerita dalam film The Day After Tomorrow, jadi Anda akan baik-baik saja.
  6. Gambar berjudul Handle Problems Step 12
    6
    Berkomunikasilah dengan orang-orang. Nasihat terakhir, ada beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan tetapi setidaknya bisa terbantu dengan lebih banyak berkomunikasi. Manusia diciptakan agar bisa saling menolong satu sama lain dan pada saat Anda menceritakan masalah Anda, tiba-tiba saja Anda menyadari bahwa masalahnya bisa lebih mudah diatasi. Ceritakanlah kepada orang-orang yang mengerti tentang masalah yang sedang Anda hadapi. Ceritakanlah kepada mereka yang punya keahlian dalam membantu menyelesaikan masalah Anda. Ceritakanlah kepada teman-teman Anda dan keluarga Anda. Mintalah bantuan mereka. Bahkan hanya dengan mengatakan bahwa Anda sedang dalam kesulitan bisa membuat seseorang langsung menunjukkan solusi yang tepat kepada Anda.[3]
    • Komunikasi yang buruk juga bisa menjadi sumber dari masalah Anda, dan ini bisa berarti bahwa lebih banyak berbicara adalah apa yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah Anda.
    • Jika tidak ada cara lain, komunikasikan keinginan untuk bersabar. Katakan kepada orang-orang bahwa Anda sedang berusaha menyelesaikan masalah tetapi Anda sudah membuat rencana dan ingin mengarahkan seluruh energi Anda agar bisa membuat segala sesuatunya menjadi baik.

Metode 3 dari 3: Menyeimbangkan Banyak Masalah

  1. Gambar berjudul Handle Problems Step 13
    1
    Lupakan saja apa yang tidak bisa Anda ubah. Jika Anda menghadapi begitu banyak masalah yang harus ditangani melampaui kemampuan manusia, sebaiknya Anda melupakan saja hal-hal yang tidak bisa Anda ubah. Kita sering berada dalam situasi seperti ini, lalu kita berusaha mencari cara agar bisa mengembalikan lagi keadaan seperti semula. Ini akan menghabiskan energi dari masalah yang sebenarnya bisa kita selesaikan. Fokuskan diri untuk melangkah ke depan, jangan lagi membahas tentang masa lalu.
    • Lupakan saja masa lalu Anda. Lupakan semua kesalahan Anda. Lupakan saja teman yang tidak mau memaafkan Anda atas kesalahan yang pernah Anda lakukan. Fokuskan perhatian Anda untuk menyelesaikan masalah Anda yang lain dan berusahalah menjalani seluruh kehidupan Anda dan melakukan setiap tindakan Anda dengan sebaik mungkin.
    • Masalah-masalah dari masa lalu Anda seringkali datang dengan membawa jalan keluar yang lebih baik jika Anda mengusahakan masa depan yang lebih baik…bahkan jika ini berarti bahwa Anda mulai menyadari bahwa kesalahan-kesalahan ini tidak menentukan siapa Anda.
  2. Gambar berjudul Handle Problems Step 14
    2
    Bersiaplah untuk melakukan pengorbanan. Pada saat Anda menghadapi banyak masalah, ini akan selalu berarti ada hal-hal yang harus dikorbankan. Anda biasanya tidak bisa menemukan solusi yang hasilnya 100% sesuai dengan cara Anda. Ini berlaku bahkan jika Anda hanya mempunyai satu masalah saja. Hidup ini keras dan Anda harus menentukan prioritas. [4]
    • Temukan apa yang paling berarti bagi Anda dan fokuskan diri Anda untuk mewujudkannya. Biarkan hal-hal yang lain berjalan dengan hambatan yang paling kecil agar tidak menghabiskan seluruh waktu dan energi Anda…bahkan jika ini berarti akan berakhir tidak baik bagi Anda.
    • Contohnya, jika Anda mempunyai masalah dengan keluarga Anda, masalah di sekolah, dan masalah di tempat kerja, Anda harus memilih mana yang paling penting. Biasanya, keluarga Anda akan selalu memberikan dukungan dan Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lain. Namun jika masalahnya di sekolah, dukungan seperti ini jarang terjadi.
  3. Gambar berjudul Handle Problems Step 15
    3
    Berhentilah menunda-nunda. Pada saat kita mempunyai setumpuk masalah yang harus dihadapi, menunda menyelesaikan masalah bukanlah sesuatu yang tidak biasa. Anda mungkin, sadar atau tidak, akan tidak berdaya karena ketakutan. Apa yang akan terjadi jika Anda membuat pilihan yang salah? Semakin cepat Anda membuat keputusan, ini berarti akibatnya akan mulai terjadi, benar kan? Akan tetapi, menunda menentukan pilihan sebenarnya (dengan sendirinya) sudah membuat pilihan. Seringkali pilihan ini akan membuat masalah menjadi lebih buruk. Jangan membiarkan masalah. Mulailah menyelesaikannya secepat mungkin.
    • Memikirkan hal ini seperti mempunyai tumpukan raksasa dari tugas-tugas pekerjaan rumah. Anda bisa segera melakukannya agar tidak terbeban atau Anda menjadi ketakutan akan gagal dan membiarkannya menumpuk. Anda akan dinilai gagal jika Anda tidak membereskannya. Tumpukan ini tidak akan menghilang jika Anda terus mengabaikannya.
  4. Gambar berjudul Handle Problems Step 16
    4
    Selesaikan satu per satu. Pada saat Anda mulai membereskan tumpukan raksasa masalah Anda, cara terbaik adalah dengan menyelesaikannya satu per satu. Tentukan langkah pertama dan lakukan. Jangan khawatir dengan urutan yang harus sempurna; nanti Anda akan menemukan cara yang lebih baik dan kita memang jarang melakukan segala sesuatunya dengan sempurna dalam hidup ini.[5]
    • Membuat bagan dari langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam penyelesaian setiap masalah seringkali bisa sangat membantu. Perangkat yang akan selalu terlihat ini bisa menjadi cara yang lebih baik dalam memahami bagaimana segala sesuatunya saling mendukung satu sama lain.
  5. Gambar berjudul Handle Problems Step 17
    5
    Carilah bantuan. Berusahalah agar tetap bijaksana dan selesaikan masalah dengan cara yang terbaik. Jangan pernah merasa bahwa Anda hanya sendirian dalam menghadapi masalah. Anda selalu dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai Anda dan bersedia membantu Anda. Bahkan orang yang sama sekali tidak Anda kenal seringkali mau membantu Anda jika Anda menemukan orang yang tepat. Mencari bantuan tidak membuat Anda menjadi orang yang bersalah, lemah, atau tidak layak. Manusia adalah makhluk sosial dan kita dirancang melalui proses evolusi untuk saling menolong satu sama lain.
    • Sebagai contoh, katakan saja Anda sedang berusaha menemukan cara menulis tinjuan kerja. Coba lakukan pencarian secara daring dan Anda akan menemukan begitu banyak orang yang melakukan pekerjaan ini setiap saat. Pasanglah tulisan Anda di forum dan Anda akan melihat begitu banyak orang yang mengatakan seperti, "Tidak ada yang pernah mengajari saya cara melakukan hal ini dan saya sangat berharap ada yang bisa membantu. Seharusnya ini tidak sedemikian sulitnya."
  6. Gambar berjudul Handle Problems Step 18
    6
    Berusahalah melihat sisi baiknya. Menghadapi begitu banyak masalah pada saat yang bersamaan bisa membuat Anda tidak berdaya. Wajar saja jika Anda merasa putus asa dalam situasi seperti ini. Rasanya tidak ada yang akan berubah dan ini akan menjadi hidup Anda untuk selamanya. Namun jika Anda menjaga sikap yang positif dan selalu positif, Anda akan melihat semua masalah Anda sudah menghilang sebelum Anda menyadarinya.
    • Ada baiknya jika Anda bisa belajar untuk menghargai kehadiran masalah dalam kehidupan Anda. Jika Anda tidak punya masalah dalam kehidupan Anda, Anda tidak bisa mengetahui cara menghargai hal-hal baik yang sudah Anda miliki. Hal ini terutama berlaku jika ada masalah terkait dengan orang-orang yang kita cintai. Kita seringkali lupa betapa kita mencintai mereka sampai terjadi sesuatu yang menunjukkan betapa beratnya jika harus bertahan pada saat kita mengalami kehilangan.
Bersahabat dan berteman tidak selamanya berjalan rata terkadang ada kerikil-kerikil yang menghampiri sehingga harmonisasi dalam pertemanan terjadi masalah. Ketika konflik itu datang maka di bawah ini adalah sebagian solusi untuk mengatasinya. Berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan: Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis. Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita. Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula. Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya. Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi. Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah. Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aswan67/solusi-menyelesaikan-konflik-dengan-teman_5528b1536ea834d1028b45ae
Bersahabat dan berteman tidak selamanya berjalan rata terkadang ada kerikil-kerikil yang menghampiri sehingga harmonisasi dalam pertemanan terjadi masalah. Ketika konflik itu datang maka di bawah ini adalah sebagian solusi untuk mengatasinya. Berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan: Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis. Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita. Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula. Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya. Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi. Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah. Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aswan67/solusi-menyelesaikan-konflik-dengan-teman_5528b1536ea834d1028b45ae
Bersahabat dan berteman tidak selamanya berjalan rata terkadang ada kerikil-kerikil yang menghampiri sehingga harmonisasi dalam pertemanan terjadi masalah. Ketika konflik itu datang maka di bawah ini adalah sebagian solusi untuk mengatasinya. Berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan: Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis. Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita. Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula. Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya. Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi. Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah. Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aswan67/solusi-menyelesaikan-konflik-dengan-teman_5528b1536ea834d1028b45ae
Bersahabat dan berteman tidak selamanya berjalan rata terkadang ada kerikil-kerikil yang menghampiri sehingga harmonisasi dalam pertemanan terjadi masalah. Ketika konflik itu datang maka di bawah ini adalah sebagian solusi untuk mengatasinya. Berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan: Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis. Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita. Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula. Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya. Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi. Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah. Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing. Ringkasan solusi menyelesaikan konflik persahabatan : Saling Menjalin Kepercayaan Berbicara dan Berkomunikasi dari hati kehati Curahkan Isi Hati Kita Dengan Tepat Mencari tempat dan Suasana yang Tepat untuk Menyelesaikan Konflik Mengenang Hal-Hal Indah yang pernah kamu alami dengan temanmu tersebut Memberi Maaf Melakukan Introspeksi terhadap Diri Itulah diantara cara mengatasi konflik dalam bersahabat, walau bertengkar mempunyai konflik dengan teman adalah hal yang wajar terjadi tetapi yang paling penting adalah bagaimana kamu secara dewasa dapat menyelesaikannya dengan baik. Salam Persahabatan … Sumber: Cara mengatasi dan menyelesaikan konflik persahabatan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aswan67/solusi-menyelesaikan-konflik-dengan-teman_5528b1536ea834d1028b45ae
Bersahabat dan berteman tidak selamanya berjalan rata terkadang ada kerikil-kerikil yang menghampiri sehingga harmonisasi dalam pertemanan terjadi masalah. Ketika konflik itu datang maka di bawah ini adalah sebagian solusi untuk mengatasinya. Berikut cara menyelesaikan konflik pertemanan: Dalam berteman dan bersahabat mutlak diperlukan saling menjalin kepercayaan. Walau kita sedang ada konflik bersama teman kita harus tetap percaya kepadanya. Yakinlah bahwa dalam suatu pertemanan tidak selamanya berjalan mulus, oleh sebab itu kita harus tetap percaya bahwa diantara kita dapat menjaga hubungan agar tetap harmonis. Masalah itu timbul pada asalnya dari sebab misscomunikasi atau salah komunikasi yang diakibatkan pembicaraan atau komunikasi yang tidak dimengerti oleh seseorang atau sahabat. Ketika masalah itu terlanjur terjadi solusi utama menyelesaikannya adalah dengan cara berbicara dari hati ke hati, dengan cara itu teman atau sahabat kita akan mengerti apa sebenarnya maksud dan tujuan kita. Dengan curhat yang benar, maka konflik itu setidaknya akan terbantu terselesaikan oleh pihak lain. Bila konflik itu terjadi seorang kepada seorang maka carilah sahabat ketiga yang dapat kita jadikan teman curhat, namun bila masalah terjadi bersama-sama kepada pihak lain maka curahkanlah isi hati semua teman kita apa sebenarnya yang dicari oleh semua orang tersebut. Tetapi hati-hatilah bila curhat itu tanpa aturan malah akan menjadi masalah baru yang akan menimbulkan konflik yang baru pula. Di dalam mengatasi pertentangan dan konflik yang sedang kamu hadapi, perlu diselesaikan dengan melakukan pembicaraan dan dalam membicarakannya perlu diperhatikan lingkungan apakah mendukung untuk kamu dapat membicarakannya. Hal-hal yang paling penting adalah memberi maaf pada teman kamu yang sedang bermasalah dengan kamu, sehingga ketika kamu saling memaafkan maka konflik yang sedang terjadi bisa diatasi. Emosi terkadang mengedepankan nafsu semata,. Dalam mengatasi konflik dalam persahabatan tidak boleh langsung menyalahkan teman kamu yang menyebabkan konflik terjadi tersebut tetapi usahakan bahwa kamu juga bisa mengoreksi diri siapa tahu kamu yang salah. Menjalin Komunikasi yang baik dengan cara berbicara yang sopan dan tidak kasar, agar dimengerti dan tersampaikan keinginan masing-masing. Ringkasan solusi menyelesaikan konflik persahabatan : Saling Menjalin Kepercayaan Berbicara dan Berkomunikasi dari hati kehati Curahkan Isi Hati Kita Dengan Tepat Mencari tempat dan Suasana yang Tepat untuk Menyelesaikan Konflik Mengenang Hal-Hal Indah yang pernah kamu alami dengan temanmu tersebut Memberi Maaf Melakukan Introspeksi terhadap Diri Itulah diantara cara mengatasi konflik dalam bersahabat, walau bertengkar mempunyai konflik dengan teman adalah hal yang wajar terjadi tetapi yang paling penting adalah bagaimana kamu secara dewasa dapat menyelesaikannya dengan baik. Salam Persahabatan … Sumber: Cara mengatasi dan menyelesaikan konflik persahabatan.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/aswan67/solusi-menyelesaikan-konflik-dengan-teman_5528b1536ea834d1028b45ae

Tidak ada komentar:

Posting Komentar